SISTEM CAI YANG TERKEMUKA

Banyak perusahaan pembuat komputer yang bersaing dalam memperubutkan pasaran didunia pendidikan. Di samping itu, perusahaan perangkat lunak, juga berusaha mengambil manfaat dari demam komputer di bidang pendidikan. Dua system CAI yang amat terkenal di AS adalah PLATO dan TICCIT

PLATO
Plato sudah dimanfaatkan di University of Illinois, sejak tahun 1959. Pengembangannya dibiayai oleh NFS (National Science Foundation, Departemen Pendidika, beberapa perusahaan dan organisasi-organisasi yang berminat dan bergerak dalam bidang pendidikan.
PLATO mungkin merupakan system CAI yang terbesar di dunia. Rancangan aslinya didasarkan kepada perangkat keras mesin besar dengan banayak terminal, dimana para pekerja memanfaatkan masing-masing terminalnya untuk materi yang telah dipelajari. Terminal baku PLATO memiliki kemampuan sentuhan sensitive (touch sensitive) dan papan bilah (keyboard), disamping alat bantu lainnya seperti pembaca optis (optical scanner), disk video, dan unit pencetak. System dirancang untuk digunakan dalam berbagai jenis aplikasi seperti latin dan praktek, penjelasn dan simulasi. Dengan adanya fasilitas sentuhan sensitive, PLATO dapat digunakan oleh anak” yang belum mampu membaca dengan baik.
System PLATO pada umumnya terdiri dari satu komputer besar CDC dihunbungkan dengan jalur komunikasi ke terminal-terminal jarak jauh. System semacam itu dapat melayani sampai dengan 32 lokasi berbeda, masing-masing dengan 32 buah terminal. Jalur komunikasi dapat berupa satelit, kawat khusus, atau pun saluran telepon biasa. System ini mampu untuk melayani sejumlah besar siswa diberbagai tempat sekaligus, dengan materi ajaran dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Perangkat lunak PLATO dirancang untuk bantuan bahasa pemrograman TUTOR. Perangkata lunak dipersiapkan oleh sebuah regu perancang dalam waktu yag lama. Pengajaran, meliputi penjelasan materi-materi ajaran yang baru, waktu latihan, ujian, hasil belajar, dan rekomendasi.

TICCIT
TICCIT adalah singkatan dari Time-shared Inretactive Computer Controlled Information Television. Pengembangannya dimulai pada tahun 1971 diperusahaan MITRE, dengan dibiayai oleh National Science Foundation. Beberapa cirri khas dari TICCIT :

  1. Dirancang agar semua jenis perangkat lunak dari bermacam-macam aplikasi dapat diterapkan secara terpadu.
  2. Tidak dirancang untuk latih dan praktek, tapi lebih ke bentuk penjelasan (tutorial)
  3. Memungkinkan pemakai untuk lebih berinisiatif dibandingkan dengan system CAI lainnya.

Setiap unit belajar TICCIT dilengkapi dengan sebuah telivisi berwarna papan bilah (keyboard) khusus, alat pendengar (earphone), tempat belajar dan buku catatan.
TICCIT sebenarnya dirancang untuk mahasiswa tingkat pemula. Banyak jenis aplikasi yang ditujukam bagi para remaja dan orang dewasa. Hak penjualan dan penyebaran TICCIT dikendalikan oleh perusahaan Hazeltine. Suatu cara belajar dengan TICCIT pada umumnya diberikan dengan beberapa kali peragaan pada layar televisi. Ada tiga infor,asi yang digunakan dalam peragaan yaitu :

Aturan (rule), meliputi definisi, pernyataan mengenai suatu hubungan antar besaran dan prosedur-prosedur yang rinci.-

Contoh, penggunaan aturan, ilustrasi dan definisi, cotoh hubungan tertentu atau prosedur tertentu.-
Latihan, suatu cara bagi siswa untuk menguji kebolehan pengertian dan pengetahuannya.-
Sebuah system TICCIT mampu melayani smapai dengan 128 unit belajar. Jalur komunikasi pada system ini amat rumit, karena harus menyalurkan gambar, suara, dan data. Dengan perkemabngan teknologo pada akhir-akhir ini, sitem TICCIT dapat diterapakan dengan cukup baik. Mengarang materi untuk sitem CAI lainnya, karena strategi rancangan yang telah terpadu.

Akan tetapi TICCIT belum memuaskan para perancangnya. Pada evaluasi yang dilakukam di tahun ajaran 1975-1976, dikemukan bahwa dua universitas, para mahasiwa yang mengundurkan diri dari pelajaran matematika TICCIT lebih besar jumlahnya dari kelas matematika biasa, akan tetapi mereka yang terus mengikuti matematika TICCIT, mencapai hasil yang baik. Sedikit sekali mahasiswa mahasiswa-mahasiswa yang disebut terakhir ini menemuai kesulitan dengan matematika pada masa belajar selanjutnya.

PROYEK CAI LAINNYA

Banyak lain proyek CAI yang penting.salah seorang perintis CAI adalah Dr.Patrick suppesdari departemen matematika,Universitas Stanford.Sejak tahun 1963 Dr.suppes sudah mengembangkan program untuk meningkatkan kemampuan anak-anak dalam pelajaran dasar logika,aritmatika dan membaca.pada tahun 1967 beliu membentk computer curriculum corporation (ccc) untuk mengembangkan dan memasarkan sistem CAI berdasarkan hasil penelitianya.
Dengan menggunakan CAI selama sepuluh menit dalam setiap hari nilai rata-rata siswa meningkat cukup tajam.Untuk materi ajaran yang sederhana CAI ternyata sangat berhasil.
Tokoh penting lainnya yang mengembangkan CAI adalah Alfred Bork,profesor fisika,ilmu komputer dan informasi dari University of California,Irvine.Beliau sudah mengembangkan CAI untuk membantu pengajaran fisika sejak tahun 1970.Hasil karyanya mencakup penggunaan grafika computer untuk mempelajari dan memahami konsep-konsep ilmu fisika.Alfred Bork amat optimis bahwa computer mikro akan mendorong perkembangan system CAI.

BELAJAR BERASISTEN KOMPUTER (CAL=Computer Assisted Learning)

Pada dasarnya CAL mendorong anak-anak dan remaja untuk memanfaatkan kemampuan computer,berdialog dengan computer dengan tata cara yang sederhana,sehingga menghilangkan kesan anak-anak dan remaja tentang kemisteriusan benda canggih ini.Perangkat lunak pada system CAL dirancang sedemikian rupa sehingga mudah di pergunakan kaum muda tanpa mengurangi kemungkinan menggali kemampuan computer sampai kepada batas kemampuannya yang tertinggi.

Mempersiapkan perangkat lunak semacam ini jelas tidak mudah.Bahasa pemrograman yang cocok untuk maksud ini belum ada.Sehingga system CAL dapat berperi laku yang sesuai dengan keinginan mereka.Seorang tokoh CAL yang tekemuka adalah Seymour papert,professor matematika dari massa chusetts institute of Technology.
Ia menyumbangkan banyak karya yang penting dalam mengembangkan CAL.profesor papert dalam hal ini bekerja sama dengan jean piaget.Bahasa pemrograman yang di ciptakan professor papert memungkinkan anak-anak melakukan hal-hal yang kreatif dan baru sifatnya.

ISYU DAN MASALAH

Apakah benar komputer meningkatkan kemampuan belajar? Atau apakah komputer akan mendorong manusia mengabaikan lingkup sosialnya? Salah seorang kritikus terkemuka adalah Anthony oettinger dari universitas Harvard, beliau berpendapat bahwa CAI masih terlalu dini untuk di masyarakat, belum diuji dengan baik, asumsi rancangan yang tidak realistis dan banyak sistem CAI hanya memindahkan isi buku ke komputer, tanpa pengarahan yang memadai. Beliau tidak membantah bahwa komputer akan mampu menunjang pendidikan.
Dari hasil survey CAI, ditemukan beberapa fakta,walau belum merupakan kesepakatan CAI terbukti tidak selalu meningkatkan kemampuan belajar siswa, juga diketemukan fakta bahwa untuk siswa yang lemah,CAI cenderung memudahkan masalah, sehingga siswa mendapatkan nilai prestasi yang tinggi. Murahnya harga komputer bukan merupakan satu-satunya alas an untuk memasukkan pemanfaatan komputer didalam pendidikan,khususnya sebagai pengganti pengajar. Para ahli komputer dan ahli pendidikan belum menemukan cara belajar yang tepat dengan bantuan komputer, tanggapan masyarakat masih belum konklusif, cendrung saling bertentangan.

 

Manfaat komputer di bidang pendidikan banyak sekali diantaranya :

1. Sebagai alat presentasi – dengan bantuan sebuah proyektor kini komputer jinjing dapat digunakan sebagai alat untuk mempresentasikan sebuah ide ataupun gagasan, biasanya banyak digunakan dalam rapat pembangunan dan juga mahasiswa yang mempresentasikan hasil penelitian mereka.

2. Sebagai pengganti mesin ketik – Sekitar tahun delapan puluhan sampai dengan tahun sembilan puluhan mesin ketik masih menjadi andalan dalam menulis laporan ataupun menulis buku , namun disekitar akhir tahun sembilan puluhan kini posisinya digantikan dengan komputer yang dikenal lebih simple dan lebih efektif.

3. Sebagai alat hitung – Di dalam komputer tentunya akan sangat mudah dalam menghitung angka angka , banyak sekali angkuntan yang menggunakan ms . excel dalam menghitung baik jumlah , rata rata dan juga pembagian.

4. Sebagai media komunikasi dengan masyarakat luas – tahukah anda bahwa internet adalah satuan dari kumpulan seluruh komputer di dunia yang saling terhubung antara satu dengan yang lain, banyak yang digunakan sebagai server , dan sat ini server terbaik masih di pegang oleh pihak google yang juga website nomor satu di dunia dengan fasilitas mesin pencarinya, setelah media yang bermanfaat terupload di server baik itu dalam bentuk pdf ,html dan juga doc . dapat dia akses oleh semua orang di dunia selama server tetap menyala tentunya , saat server mengalami down ataupun maintenance maka semua halaman yang kita upload tidak dapat di unduh ataupun di baca.